Analisa Tingkat Pemanfaatan Lapangan Penumpukan Peti Kemas Pelabuhan Yos Sudarso Ambon

  • Irtaniirbar Zoleng
  • Nenny Politeknik Pelayaran Barombong
  • Muhammad Saleh Politeknik Pelayaran Barombong
Keywords: First keyword, Second keyword, Third keyword

Abstract

Pelabuhan Ambon adalah pelabuhan yang berlokasi di kota Ambon Propinsi Maluku , terletak di wilayah bagian timur sehingga  memiliki ciri transportasi laut yang sangat dominan akibat bentang alam serta geografisnya yang sulit untuk pengembangan transportasi darat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk Menganalisis kinerja lapangan penumpukan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon untuk kondisi eksisting (2019), Menentukan model kebutuhan kapasitas lapangan penumpukan dan Menganalisis kapasitas optimal Lapangan Penumpukan Petikemas Pelabuhan Yos Sudarso Ambon untuk kondisi eksisting (2019) sampai 20 tahun mendatang. Perhitungan proyeksi trafik petikemas diproyeksikan dengan menggunakan metode regresi sederhana yaitu regresi linier dan eksponensial. Tingkat Pemanfaatan dan pemakaian lapangan penumpukan peti kemas tahun 2019 nilai YOR di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon masih memadahi, namun pada analisis nilai YOR untuk 10 tahun mendatang, yakni pada jangka menegah tahun 2032 nilai YOR di pelabuhan Yos sudarso Ambon mencapai angka 77.54 % dan di jangka panjang tahun 2038 nilai YOR di pelabuhan Yos sudarso Ambon mencapai angka 145.76 % dimana kapasitasnya sudah tidak mencukupi  (Overload)

References

Handoko, W. (2016). Situs pulau ujir di kepulauan Aru: Kampung kuno, islamisasi dan perdagangan. Kapata Arkeologi, 12(2), 163–174.
HANDOYO, R. F. (2015). Pembangunan Pelabuhan Teluk Lamong Di Kawasan Strategis Provinsi Jawa Timur Di Kota Surabaya. UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Jinca, I. M. Y. (2019). Transportasi laut Indonesia: analisis sistem & studi kasus. Firstbox Media.
Published
2021-12-13
Section
Articles