Analisis Tingkat Pemahaman Crew dalam Pelaksanaan Prosedur Bunkering di Kapal MT. Sambu

Main Article Content

Faisal Saransi
Sidrotul Muntaha
Bella Badria Ananta

Abstract

Prosedur Bunkering merupakan kegiatan pengisian bahan bakar kapal yang merupakan proses penting yang harus dipahami oleh seluruh crew di kapal khususnya di kapal MT. Sambu. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman crew kapal dalam melakukan kegiatan Bunkering di kapal MT. Sambu. Penelitian dilaksanakan di PT. Samudera Indonesia Shipping (Crewing Management), PT. Pertamina International Shipping (Ship Owner) di kapal MT. Sambu. Metode penelitian ini mengunakan metode kualitatif, pengumpulan data diperoleh secara langsung melalui wawancara dengan crew kapal yang mengikuti kegiatan Bunkering. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa seluruh Crew di kapal MT. Sambu telah paham dengan prosedur yang benar ketika melakukan kegiatan bunkering sehingga tidak menimbulkan kesalahan prosedur dan tidak terjadi kecelakaan kerja di kapal MT. Sambu.

Article Details

Section
Articles

References

Arditya, 2020, Implementasi K3LL (Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lindung Lingkungan).
Edwin, Firdaus, 2020, Analisis Terjadinya Overflow pada Saat Bunker MDO di MT. Daeho Sunshine, Diploma Thesis, Diakses pada tanggal 02 November 2021.
Emaritim, 2018, https://www.emaritim.com/2018/ 02/kegiatan-bunker-kapal-yang-baik-untuk.html, Diakses pada tanggal 20 Juni 2020.
Ida, N., 2008, Pengertian Prosedur.
Kluijven, P.C. Van, 2015, Bunkering at Sea, London: Kluwer.
Komaruddin, 2001, Ensiklopedia Manajemen, Edisi ke-5, Jakarta: Bumi Aksara.
Kriyantono, R., 2006, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Perdana.
Marine Insight, 2020, https://www.marineinsight.com, Diakses pada tanggal 20 Juni 2020.
Moleong, Lexy J., 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mohammad Ivandyno, Dwida Putra, 2021, Optimalisasi Penggunaan Safety Equipment dalam Pelaksanaan Bunker Operation di MT. B. Ace, Diploma Thesis.
Nasri, dkk., 2018, Peran Aktif Chief Engineer ketika Bunker dalam Mewujudkan Keselamatan di Kapal MT. Sungai Gerong. Semarang: Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Saputro, G., 2015, Kajian Teknis dan Ekonomis Sistem Bunkering LNG untuk Bahan Bakar di Kapal Penumpang, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
SindoNews, 2019, https://daerah.sindonews.com/ berita/1397246/174/terjebak-di-bunker-kapal-pengangkut-pasir-4-abk-tewas, Diakses pada tanggal 19 Juni 2020.
Sugiyono, 2005, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Stevien, Hendrayan, 2019, Optimalisasi Manajemen Keselamatan pada Proses Bunker di atas MT. B. Atlantic, Diploma Thesis.
ShipOwnersClub, 2020, https://www.shipownersclub.com, Diakses pada tanggal 30 Juli 2020.
Undang-Undang No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.
Wartsila, 2020, https://www.wartsila.com/encyclopedia/term/bunker-delivery-note-(bdn), Diakses pada tanggal 30 Juli 2020.
Wikipedia, 2020, https://en.wikipedia.org/wiki/Oil_ spill, Diakses pada tanggal 20 Juni 2020.
Wikipedia, 2020, https://en.m.wikipedia.org/wiki/Bunkering/, Diakses pada tanggal 21 Juni 2020.