Pembelajaran Bahasa Inggris di Era Digital: Persepsi Taruna dan Tantangan dalam Pendidikan Vokasi Maritim

Main Article Content

Nursyam
Rachmat Tjahjanto
Ratno
Rony Kusmaladi

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris telah mengalami perkembangan yang signifikan seiring dengan kemajuan teknologi di era digital. Teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari proses pembelajaran, memengaruhi cara kita mengajar dan belajar. Di lingkungan pendidikan vokasi maritim, integrasi teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris menjadi sorotan utama, namun penting untuk memahami persepsi taruna terhadap penggunaannya. Persepsi ini meliputi pandangan tentang manfaat, tantangan, dan preferensi dalam menggunakan teknologi sebagai alat pembelajaran. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa taruna umumnya memiliki sikap positif terhadap integrasi teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Taruna menganggap teknologi dapat meningkatkan pemahaman materi, keterlibatan, dan memfasilitasi komunikasi. Namun, tantangan seperti kesenjangan akses teknologi, kurangnya literasi digital, dan kendala teknis juga diidentifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran kualitatif dan kuantitatif untuk menggali persepsi taruna di Politeknik Pelayaran Barombong. Hasil menunjukkan mayoritas taruna memiliki persepsi positif terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Namun, ada ruang untuk peningkatan, terutama dalam mengatasi tantangan seperti kesenjangan akses teknologi. Faktor-faktor yang memengaruhi persepsi taruna meliputi tingkat ketertarikan dan kebiasaan dalam menggunakan teknologi dan kendala teknis. Dengan memahami faktor-faktor ini, institusi dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan penerimaan dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Implikasi temuan ini adalah pentingnya penggunaan strategi dan metode pembelajaran yang interaktif, peningkatan efektivitas dan efisiensi penggunaan teknologi, serta penanganan tantangan melalui pendekatan inklusif dan pelatihan literasi digital. Dengan demikian, institusi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris dan memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih efektif, inklusif, dan relevan bagi taruna di lingkungan pendidikan vokasi maritim.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad, R. (2019). Pengajaran Kosakata Berbasis Kopus bagi Guru-Guru Bahasa Inggris. Cirebon: Jawa Barat.
Ahmani, A. M. (2019). The Use of Technology in English Language Teaching. Frontier in Education Technology, 168-180. doi:https://doi.org/10.22158/fet.v2n3p168
Dwi, B. R., & Dewi , Y. (2022). Persepsi Guru Bahasa Inggris terhadap Teknologi Informasi dan Literasi Digital. jptm, 6(1). doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3108
Eka , N., Januarius, M., Issy, Y., & Rudi, H. (2022). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Post Pandemic: Studi Kasus di SMA Kab. Majalengka. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, (pp. 305-309).
Elizabeth , M. L., & Jeanette, J. B. (2020). The Effectiveness of ICTs Integration in Enhancing Student Motivation in Learning English. Proceedings of the 4th Asian Education Symposium (AES 2019). doi:https://doi.org/10.2991/assehr.k.200513.047
Gusmaizal , S. (2023). Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Konteks English For Spesific Purpose (ESP) di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Inovasi Pendidikan, 10 (1).
Marwa, & Refika , A. (2023). Persepsi Guru Bahasa Inggris Terhadap Pemanfaatan dan Tantangan Penggunaan TIK di SMA Sederajat di pekanbaru. Prosiding Seminar Nasional SPs Unilak (SeNasPU). Pekanbaru.
Masiawati, M., Fatin , K. M., & Noorhayati, M. N. (2020, April). Online game-based formative assessment: Distant learners post graduate students’ positive perceptions towards quizizz. International Journal of Scientific & Technology Research, 9 (4), 1437-1444. Retrieved from http://www.ijstr.org/ final-print/apr2020/Online-Game-based-Formative-Assessment-Distant-Learners-Post-Graduate-Students-Positive-Perceptions-Towards-Quizizz.pdf
Nur , A. N., & Rosseni, D. (2021). Enhancing English Language Teaching By Implementing As An Educational Tool. Journal of Personalized Learning, 4 (1), 101 - 110.
Nur, A. S. (2023). The Impact of Technology in Teaching and learning English as Foreign Language: Tesol Context. jcopublishing, 3 (1). doi:https://doi.org/10.54012/jcell.v3i1.194
Rahmi , I., & Yanty, W. (2020). Teachers’ Practice in Technology Utilization in English Language Classrooms. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20 (1), 98-110. doi:http://dx.doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24560
Ratna, R. (2022). Technology integraetion in English Language teaching and learning: Benefits and challenges. tandfonline. doi:https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2164690
Rita, K. S. (2017). Persepsi Pengajar dan Pembelajar terhadap Penggunaan Teknologi.
Zhang , J., & Yu , S. (2021). Investigating Pedagogical Challenges of Mobile Technology to English Teaching. Interactive Learning Environments, 2767-2779. doi:https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1903933