Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Jasa Bunker Selama Pandemi Covid-19 di PT. Pelayaran Athalla Putra
Main Article Content
Abstract
Pelayaran Athalla Putra Cipunagara operates in the field of oil fuel distribution. The presence of numerous similar companies offering bunker services emphasizes the significance of providing excellent customer service as an added value for the company. Maintaining the quality of service is crucial in the competitive bunker service business. Implementing an effective working system is necessary for the company to compete with others and enhance the quality of service provided to consumers. The working system adopted by PT. Pelayaran Athalla Putra Cipunagara includes the implementation of Standard Operating Procedures (SOP). This document outlines systematically ordered procedures to complete tasks. SOPs are incredibly useful for standardizing employee performance and ensuring efficient work outcomes. Throughout the pandemic, various activities involving gatherings have been postponed to prevent the spread of the coronavirus. Additionally, the government has prohibited the public from hosting wedding recePT.ions. These circumstances have inevitably led to a decline in the number of consumers for PT. Pelayaran Athalla Putra Cipunagara.
ABSTRAK
PT. Pelayaran Athalla Putra Cipunagara sebagai perusahaan yang bergerak di bidang distribusi bahan bakar minyak. Banyaknya perusahaan serupa yang menawarkan jasa pelayanan bunker menjadikan kualitas jasa layanan yang baik kepada pelanggan (customer) sebagai nilai tambah perusahaan. Pentingnya menjaga kualitas jasa pelayanan perlu dilakukan dalam persaingan bisnis pelayanan bunker. Sistem kerja yang baik juga perlu diterapkan oleh perusahaan agar mampu bersaing dengan perusahaan lainnya guna meningkatkan kualitas jasa pelayanan yang diberikan kepada konsumen.Sistem kerja yang diterapkan oleh perusahaan PT. Pelayaran Athalla Putra Cipunagara yang pertama adalah menerapkan Standar Operasional Prosedur, dokumen ini mencantumkan prosedur yang ditata secara urut, untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. SOP sangat berguna untuk menyeragamkan kinerja para karyawan, serta memastikan hasil kerja tetap efektif. Selama pandemi, berbagai kegiatan yang melibatkan banyak orang harus ditunda demi mencegah penyebaran virus corona, lalu pemerintah juga melarang masyarakat membuat acara resepsi pernikahan. Kondisi tersebut tentu saja memberikan dampak terhadap menurunnya jumlah konsumen dari PT. Pelayaraan Athalla Putra Cipunagara.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
[2] Tjiptono, Fandy. 2016. Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
[3] Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[4] Yusi, M. Syahirman dan Umiyati Idris. 2009. Metodologi Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kuantitatif. Indonesia: Citra Books Indonesia.
[5] Andri R.Yulianto. 2018. Jurnal Ekonomi. Tinjauan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, 20 (2), 241-258
[6] Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.
[7] Lulu Dian Anggraini, dkk. 2013. Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Malang: Jurnal Industri Vol. 4 No. 2 Hal 74-81.
[8] Andrean Halim, Huzainsyahnoor Aksad.2016. Aplikasi Penerapan Customer Satisfaction Index Pada Pelayanan Kepuasan Masyarakat di Pengadilan Negeri Kotabaru. ISSN: 2089-3787.
[9] Satria Wijaya. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Bagian Keuangan dengan Metode Customer Satisfacion Index. Bali: Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol. 3 No. 1 Hal 11-17. eISSN: 2502-8995 p-ISSN 2460-8181.
[10] Gigih, Rasyid, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan. JURNAL MANAJEMEN, 07, 47–67.