Penerapan Sistem Inaportnet dalam Proses Pengurusan Dokumen Kapal

Main Article Content

Albertha Lolo Tandung
Mochamad Abduh
Rob Danang Priatmaja
Fahri Ihsan

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pelayanan kapal dan dokumen kapal di Pelabuhan. Istilah  Indonesia National Single Window (INSW) untuk salah satu aturan kebijakan Pelayanan terpadu Satu Pintu (PTSP). Bagian dari penerapan program INSW adalah sistem inaportnet, yaitu sistem elektronik untuk memproses dokumen pelabuhan dan kapal. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penyebab terlambatnya proses pengurusan dokumen kapal adalah tersendatnya sistem IT (Information Technology) yang tertanam         pada Inaportnet, dan masih ditemukan beberapa dokumen kapal yang belum lengkap.

Article Details

Section
Articles

References

Abdy, K., Kudang, B. S., Budhi, H. I., & Sayhrial, N. (2015). Studi Kelayakan Inaportnet dan Strategi Pengembangan E-Business di Pelabuhan Makassar. Warta Penelitian Perhubungan, 27.
Aulia, A., & Muhammad, M. (2016). Analisis Sistem Antrian Kapal Pengangkut Barang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. JUrnal Sains dan Seni ITS, 5(1).
F, A., & Wulyo. (2017). Sistem Indonesian Port Integration (Inaportnet) terhadap waiting time for pilot dan waiting time for berth. Baruna Horixaon, 1(2).
Faras, A. S., Nurisa, N. P., Vivin, T. R., & Ardi, P. (2022, Oktober). Implementasi Pelayanan Imaportnet di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I tanjung Balai Karimun. Jurnal Werdana, VIII(2).
Johny, M., & Wiwit, T. (2019). Implementasi Inaportnet dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Warta Penelitian Perhubungan, 67-74. doi:http://dx.doi.org/10.25104/warlit.v31i2.1267
Noviana, P., & Reva, P. (2021). Penanganan Clearance Kapal Dengan Menggunakan Sistem Inaportnet Oleh PT Tera Logistik Indonesia Cabang Surabaya. 4(1). Retrieved from http://jurnal.apn-surakarta.ac.id/index.php/muara
Padlan, A, N. C., & Mulyono, T. (2020). Komparasi Receiving Time pada saat Menggunakan Automatic Gate System dengan Sistem Manual di PT. Mustika Lama Lestari. Logistik, 13(2), 28-37.
Sugiyono. (2016). Metode Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.