Kualitas Pelayanan Penyelenggaraan Diklat Keterampilan Kepelautan Medical Care Dan Medical First Aid

Main Article Content

Sukur Sukur
Rachmat Tjahjanto
Srinita YM

Abstract

The purpose of this study was to determine the quality of the service in the delivery of training for marine skills for Medical Care and Medical First Aid at Barombong Maritime Polytechnic. The data analysis used was descriptive quantitative data analysis using the questionnaire method. Testing of the data in this study used variable validity and reliability tests. The results of this study indicate that the quality of services for maritime education and training, especially medical care and medical first aid, has been going well, thus from the above results it can be concluded that the indicators of Tangible, reliability, responsibility, assurance and empathy have gone well and must be improved so that training can improve service quality.

Article Details

How to Cite
SukurS., TjahjantoR., & YMS. (2020). Kualitas Pelayanan Penyelenggaraan Diklat Keterampilan Kepelautan Medical Care Dan Medical First Aid. Hengkara Majaya , 2(1), 1-5. https://doi.org/10.61759/hmj.v2i1.3
Section
Articles

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Anikul, I. (2019). Penyelenggaraan Diklat Certificate Of Proficiency (Cop) Imdg Code Oleh Unit Diklat Maritim Pt. Pelindo Marine Service Surabaya. Karya Tulis.
ARVIANA, M. C. (2019). ANALISIS YURIDIS UNDANG–UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN PESISIR DAN PULAU-PULAU KECIL DI WILAYAH REKLAMASI TELUK JAKARTA. Universitas Ahmad Dahlan.
GUNAWAN, A., & PELAYARAN, P. I. (n.d.). IMPLEMENTASI PENGADAAN BARANG DAN JASA GUNA MEMENUHI KEBUTUHAN DI ATAS KAPAL DENGAN METODE PEMILIHAN LANGSUNG DI PT. PERTAMINA PERKAPALAN.
Guritno, S. (2017). PENTINGNYA PENERAPAN IMO RESOLUTION A. 918 (22) TENTANG STANDARD MARINE COMMUNICATION PHRASES BAGI DECK OFFICER DI KAPAL. JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM, (1), 1–18.
Hardjono, H., & Dea, H. B. (2019). PENGARUH AUDIT SDM DAN PENILAIAN KINERJA PADA PRODUKTIVITAS KERJA DI CV KARUNIA DHARMA SENTOSA CABANG SITUBONDO. GROWTH, 14(2), 1–16.
Hariani, A. (2018). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN BAGI PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG.
Hartanto, C. F. B. (2016). Studi Perbandingan Kualitas Pelaksanaan Sertifikasi Keterampilan Pelaut pada Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pelaut dengan Pendekatan Total Quality Management In Education.
Hasanah, D. S., Fattah, N., & Prihatin, E. (2010). Pengaruh Pendidikan Latihan (Diklat) kepemimpinan guru dan iklim kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 90–105.
HR, H. S. C. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Pendidikan. Penebar Media Pustaka.
Karnama, M. M. (2016). Analisis Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) terhadap Pengembangan Karir pada Sekolah Staf dan Pimpinan POLRI di Lembang Bandung. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 1(2).
Kiswantoro, A., & Damiasih, D. (2018). Persepsi Kualitas Layanan Museum Sebagai Sarana Edukasi Masyarakat (Studi Kasus: Museum Gunung Api Merapi Yogyakarta). Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 12(02), 57–70.
Kurniasari, C., & Ghozali, I. (2013). Analisis pengaruh rasio CAMEL dalam memprediksi financial distress perbankan Indonesia. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Lakuta, A. E. P. (2019). PENGGUNAAAN KONTRASEPSI TRADISIONAL PADA WANITA USIA SUBUR (WUS): PERSPEKTIF WANITA DI KECAMATAN SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Universitas Alma Ata Yogyakarta.
Larasati, R. (2018). ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAANMODAL KERJA PADA PT WAHYU BITUMEN GRAHA. POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.
Madyan, I. S., & Tiarawati, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pond’s Flawless White. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 98–105.
Melati, S. E. (2020). Manajemen Pemasaran. Deepublish.
Nasution, I. F. (2017). Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 6 Natal. IAIN Padangsidimpuan.
Nazir, M. (1988). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rangkuti, F. (2018). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur Strat. Meningk. Kep. Plg. Gramedia Pustaka Utama.
Suardi, D. (2002). Perakaran padi dalam hubungannya dengan toleransi tanaman terhadap kekeringan dan hasil. Jurnal Litbang Pertanian, 21(3), 100–108.
Supriyono, H. (2020). Buku Ajar Diklat GMDSS Radio Operator Tingkat GOC (STCW 1978 Amandemen 2010, STCW Code Section A-IV/2). Deepublish.
Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.