Mekanisme Kinerja dan Kualitas Perawatan Injector Mesin Induk di Kapal KMP. Merak PT. ASDP Indonesia Ferry (PERSERO)

Authors

  • Baso Achmat Politeknik Pelayaran Barombong
  • Ariswanto Sa’pang Politeknik Pelayaran Barombong
  • Sarce Sampe Bungin Politeknik Pelayaran Barombong
  • Sufriyadi Politeknik Pelayaran Barombong

DOI:

https://doi.org/10.61759/hmj.v5i1.80

Keywords:

Mekanisme Kinerja, Kualitas Perawatan, Injector Mesin Induk

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dan tuntutan efisiensi dalam industri mesin induk kapal, pemahaman yang mendalam tentang mekanisme kinerja serta kualitas perawatan injector mesin induk menjadi semakin penting. Injector mesin induk memainkan peran sentral dalam proses pembakaran dan efisiensi bahan bakar, yang berdampak langsung pada operasional kapal dan kendaraan berbahan bakar diesel. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang mekanisme kinerja injector mesin induk serta pentingnya menjaga kualitas perawatannya. Penelitian ini merujuk pada teori kualitas perawatan yang meliputi meaningful, responsibility, democratically, dan maintenance. Luaran dari penelitian ini adalah diperolehnya nilai persepsi dan ekspektasi crew dan operasional mesin kapal terhadap mekanisme kinerja injector mesin induk serta pentingnya menjaga kualitas perawatannya.

References

Herlina, F., Suprapto, M., & Siswanto. (2018). Analisa Teknis Pengujian Kekedapan Pengelasan pada Tangki Tongkang dengan membandingkan Metode Chalk Test, Air Pressure Test dan Vacuum Test. Info Teknik, 19(1)69–86.
Herlina, Y., Dika Pratama, G., & Waspodo, F. (2019). Mengamati Turunnya Kinerja Injector Motor Induk Di Kapal KM. Zaisan Star II PT. Zaisan Citra Mandiri. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 1(1), 1–9. https://jurnal.akmicirebon.ac.id/index.php/akmi/article/download/7/7/
Indrawan, R., & Yaniawati, R. P. (2014). Metodologi Penelitian (Kuantitatif).
Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Refika Aditama.
George. (1995). Marine Auxiliary Machinery.
Jurong, E.T. (1990). Air Compressor. RMI-Batan: PT. Prosedur Test Individual Main.
Jusak, J.H. (2006). Mesin Penggerak Utama. Jakarta.
Nuradi, dan Eng, M. (2002). Permesinan Kapal.
Sularso, dan Tahara, H. (1983). Pompa & Kompressor. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Setiawan. (2016). Kegiatan Menghimpun Informasi. Quadrant.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd Edition). CV. Alfabeta.
Taylor. (1998). Marine Engineering.
Wijaya, dan Hendarto, B. (2010). Komponen-Komponen Injector.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Achmat, B., Sa’pang, A., Bungin, S. S., & Sufriyadi. (2024). Mekanisme Kinerja dan Kualitas Perawatan Injector Mesin Induk di Kapal KMP. Merak PT. ASDP Indonesia Ferry (PERSERO). Hengkara Majaya, 5(1), 5–12. https://doi.org/10.61759/hmj.v5i1.80

Issue

Section

Articles