Content and Language Integrated Learning Berbasis Collision Regulation 1972

Main Article Content

Ahmad Fauzi

Abstract

Proses pengujian yang baik, kreatif dan dinamis berpengaruh signifikan terhadap penetapan tingkat kompetensi. Pengujian yang baik akan dapat mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu metode yang tepat untuk digunakan dalam  menguji tingkat kompetensi Taruna dalam SMCP sebagai standar komunikasi dalam pelayaran adalah CLIL. SMCP digunakan untuk menjamin agar awak kapal, operator VTS (Vessel Traffic Service), Pilot Station dapat berkomunikasi menggunakan prosedur, phrase dan maritime terminolpgy dengan benar sesuai standar yang ditetapkan. Penelitian ini mengembangankan CLIL sebab metode ini efektif untuk memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian ini melakukan analisis tentang bagaimana pengembangan pengujian SMCP berbasis Collision Regulation 1972 menggunakan CLIL yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif Pengujian menggunakan CLIL yang diiintegrasikan dengan mata kuliah profesi secara simultan terbukti menstimulasi Taruna dalam menunjukkan komptensi SMCP karena content pengujian berhubungan dengan kompetensi lain dalam profesi pelayaran. Melalui CLIL diketahui bahwa taruna kompeten dalam prosedur olah gerak kapal, mengetahui Maritime Terminology dan dapat meyusun kalimat dalam Maritime English pada situasi Crossing Situation, Head On situation, dan Overtaking sesuai Collision Regulation 1972.

Article Details

How to Cite
Ahmad Fauzi. (2022). Content and Language Integrated Learning Berbasis Collision Regulation 1972. Hengkara Majaya , 3(2), 45-50. https://doi.org/10.61759/hmj.v3i2.45
Section
Articles

References

Bentley, Kay. 2010. The TKT (Teaching Knowledge Test) Course CLIL Module (Content and Language Integrated Learning). Cambridge; Cambridge University Press.
Blakey, T.N. 1987. English For Maritime Studies. Great Britain: Printice Hall International (UK) Ltd.
Brown, Douglas H. 2004. Language Assessment, Principle and Class¬room Practices. San Francisco: Longman.
Coyle, Do. 2008. Content and Language Integrated Learning; Motivating Learners and Teachers.
http://blocs.xtec.cat/clilpractiques1/files/2008/11/slrcoyle.pdf. Diakses tanggal 10 April 2012. Fisher, D. & Muirhead, P. 2005. Practical Teaching Skill For Maritime Instructors. Swedia: WMU
Hart, Diane 1994. Authentic Assessment: A Handbook for Education. Addison: Wesley Publishing Company.
International Maritime Organisation 1995. Standard of Training, Certification and Watchkeeping (STCW) mandment 2010. London: IMO
International Maritime Organisation 2010. IMO Standard Marine Communication Phrases. London: IMO
Kobayahsi, Hiroaki. 2009, Mariner’s Function for Safe Navigation. Tokyo: Tokyo University of Maritime Science and Technology.
Koji Wariishi (2019) Annual Overview of Marine Casualties and Incidents 2018. Japan: European Maritime Safety Agency, Consumer Innovation Dept., Technology & Innovation Studies Div. Mitsui & Co. Global Strategic Studies Institute
https://www.mitsui.com/mgssi/en/report/detail/__icsFiles/afieldfile/2020/01/09/1909t_wariishi_e.pdf
Linn, R. L. 1998. Performance Assessment, Journal Education Researcher, 23 (9)Mueller, John. 2008. Authentic Assess¬ment Toolbox. North Central College
http://www.noctrl.edu/, Naperville, http://jonathanmueller.faculty.noctrl. edu/toolbox/index.htm
Lynch, Brian K. 1996. Language Program Evaluation. Cambridge: Cambridge University Press.
Oil Companies International Marine Forum (2018). A Guide to The Best Practice for Navigation Assessments and Audits, First Edition 2018. London: OCMF.
Stukalina, Yulia. 2010. Using Content and Language Integrated Learning (CLIL) for Creating the Educational Environment Contributing to Language Learning in a T echnical Higher School. http://www.tsi.lv/Research/Conference/MIP_2010/22.pdf.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian kuantitatife, Kualitatife, dan R & D. Bandung: ALFABETA.
Sukmadinata. 2006. Metode Pendidikan Pendidikan . Bandung: Rosdakarya.
Yulistio, Didi dan Anita Fhitri. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Pedagogi Genre, Saintifik, Dan Clil (Content And Language Integrated Learning) Pada Siswa Kelas Xi Sman.