Analisis Faktor Tingkat Pemahaman Terhadap Pembelajaran Permesinan Kapal Pada Taruna Politeknik Pelayaran Barombong
Main Article Content
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif pendekaatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui faktor tingkat pemahaman terhadap pembelajaran Permesinan Kapal pada Taruna Politeknik Pelayaran Barombong. Pembahasan ini adalah tingkat pemahaman pembelajaran Permesinan Kapal pada Taruna Politeknik Pelayaran Barombong dan faktor yang mempengaruhi pemahaman pembelajaran Permesinan Kapal pada Taruna Politeknik Pelayaran Barombong. Populasi penelitian ini adalah Taruna Permesinan Kapal semester 3 angkatan 66 Politeknik Pelayaran Barombong dan sampel sebanyak 5 orang Taruna. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif bersifat uraian hasil wawancara dan hasil tes dan studi dokumentasi. Dari hasil wawancara direduksi data kemudian penyajian data dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman pembelajaran Permesinan Kapal pada Taruna Politeknik Pelayaran Barombong pada kategori baik yaitu pada kriteria paham dengan maksud memiliki kemampuan yang baik dalam bertindak, mengetahui apa yang dilakukan dan menjadi tanggung jawabnya dalam berbagai macam situasi. Sedangkan pada faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman pembelajaran Permesinan Kapal pada Taruna Politeknik Pelayaran Barombong yaitu a) kondisi fisik taruna karena terlalu banyak kegiatan setelah pembelajaran di kelas sehingga sulit untuk belajar mandiri di asrama, b) kondisi lingkungan dan kesempatan belajar kerena banyaknya kegiatan ekstrakulikuler yang harus semua diikuti sampai jam aktivitas malam selesai dilakukan, serta c) cara mengajar dan metode yang digunakan pengajar/dosen karena setiap pengajar/dosen berbeda-beda sehingga juga mempengaruhi tingkat pemahaman Taruna dalam memahami pembelajaran di kelas dan di laboratorium.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.
Lorin W. Anderson and David R. Krathwohl. 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar- Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara