Peran Laboratorium Bahasa Terhadap Peningkatan Pemahaman Mendengarkan pada Pelajaran Bahasa Inggris Maritim

Main Article Content

Irwan Jaya
Budiawan
Nurlely
Abdul Haling

Abstract

Bahasa Inggris Maritim merupakan pengantar komunikasi yang wajib digunakan sebagai standarisasi di dunia maritim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peran  laboratorium Bahasa terhadap  pemahaman listening bahasa Inggris Taruna-Taruni. Partisipan penelitian ini berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tanya jawab, kuisoner dan pengamatan. Indikator penelitian yaitu Kategori atau kualifikasi peran laboratorium dan pemahaman listening pada mata kuliah Bahasa Inggris Maritim. Analisis data yang digunakan adalah metode statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  peran  laboratorium di  Politeknik  Pelayaran  Barombong  berstandar  pada kualifikasi  sangat baik, dan pemahaman listening pada mata kuliah Bahasa Inggris Maritim berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk mengoptimalkan peran laboratorium bahasa inggris terhadap peningkatan pemahaman mendengarkan pada pelajaran Bahasa Inggris Maritim , kepada instansi terkait agar senantiasa melakukan pengembangan terhadap sarana dan prasarana guna memberikan suasana belajar yang memadai serta didukung dengan  kualitas  staf  pengajar  yang  mumpuni  sehingga   Taruna-Taruni  yang dihasilkan bisa bermanfaat di dunia kerja dan pengembangan IPTEK secara luas.

Article Details

How to Cite
JayaI., Budiawan, Nurlely, & Abdul Haling. (2023). Peran Laboratorium Bahasa Terhadap Peningkatan Pemahaman Mendengarkan pada Pelajaran Bahasa Inggris Maritim. Hengkara Majaya , 3(1), 13-21. https://doi.org/10.61759/hmj.v3i1.43
Section
Articles

References

Ahmmed, R. (2018). The approaches of teaching and learning maritime English: Some factors to consider. BMJ, 2(1), 105-120.
Alidmat, A. O. H., & Ayassrah, M. A. (2017). Development of Critical Thinking Skills through Writing Tasks: Challenges Facing Maritime English Students at Aqaba College, AlBalqa Applied University, Jordan. International Journal of Higher Education, 6(3), 82-90.
Ariputri, G. P., & Supraptono, E. (2015). Peningkatan Hasil Belajar English Listening Skill Dengan Menggunakan Aplikasi € Œsmarty Way†Berbasis Android. Edu Komputika Journal, 2(1).
Demydenko, N. (2012). Taching Maritime English: A Linguistic Approach. In Journal of Shipping and Ocean Engineering (Vol, 2, pp.246- 254).
Dirgeyasa, I. W. (2018). The Need Analysis of Maritime English Learning Materials for Nautical Students of Maritime Academy in Indonesia Based on STCW' 2010 Curriculum. English Language Teaching, 11(9), 41-47.
Ekawati, Y. N., Meiristiani, N., & Sulistyawati, A. E.(2018). Penerapan Model Pembelajaran “Project-Based Learning” (PBL) pada Pengajaran Listening. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 12(2), 159-170.
Hidayati, U. (2013). Pemanfaatan Laboratorium IPA Dan Bahasa Pada Madrasah Aliyah Swasta. Edukasi, 11(1), 294660.
Kurniawan, I. (2014). Problematika Penggunaan Laboratorium Bahasa. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 6(1), 57-73.
Megawati, M., Nurwiatin, N., & Mukaddamah, I. (2021). Penggunaan Platform Learnsocial Dalam Meningkatkan Kemampuan Listening Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Stkip Kusumanegara. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2677-2682.
Novika, H., Arbain, M., & Aprizani, Y. (2020). Three hidden problems faced by second year university students on listening skill. Intensive Journal, 3(1), 1-12.
Nurmala, D. (2019, September). Media Film Berbahasa Inggris Dalam Pembelajaran Listening. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 2, No. 2, pp. 963-968).
Pascalis, F. (2018). Perancangan laboratorium dasar terpadu universitas tanjungpura. JMARS: Jurnal Mosaik Arsitektur, 6(1).
Putra, R. H., Rusdiansyah, A., Wibowo, U. L. N., Pamandu, R., & Aras, A. Z. (2021). Manfaat
Laboratorium Bahasa Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi. SKYHAWK: Jurnal Aviasi Indonesia, 1(1), 29-33.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Tchkonia, M. N., Kalandadze, M. E., & Dolidze, M. N. (2019). Teaching maritime English with innovative technologies. In Conference: International Conference on New Trends in Social Sciences.
Usman, M., Dalle, A., Azizah, L., & Ernawati, E. (2020). Efektivitas Penggunaan Laboratorium Bahasa Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Fbs- Unm. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(1).
Yefridelti, Y. (2018). Improving Student Listening Ability Through Audio-Visual Application at SMPN 2 Painan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 2(2), 97-106.
Yusnida, D., Muslem, A., & Manan, A. (2017). A study of teaching listening. English Education Journal, 8(4), 439-456.