Layanan Pandu Bagi Kelancaran Operasional Kapal
Main Article Content
Abstract
Kegiatann dipelabuhan meliputi pelayanan terhadap kapal salah satunya yaitu
layanan jasa untuk pemanduan kapal. Kondisi ini merupakan jasa pelayanan
pemanduan kapal yang menjadi ujung tombak dari PT (Persero) Pelabuhan Indonesia
IV makassar yang merupakan kegiatan awal serta akhir dari keseluruhan rangkaian
kegiatan pelayanan jasa kepanduan. Penelitian ini ditujukan untuk menguraikan
kebutuhan personel pemandu untuk jumlah pergerakan kapal dan menganalisis
kedatangan kapal sampai tahun 2025 dalam mendukung kelancaran operasional
pelabuhan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan
personel pandu. data dianalisis dengan menggunakan model regresi sederhana. hasil
penelitian menunjukkan bahwa pengoperasian pandu membutuhkan 8 orang dengan
fasilitas yang memadai, prediksi jumlah personel pandu yang dibutuhkan masih
mencukupi hingga tahun 2025 dengan asumsi kapal rata-rata 6 (enam) kapal per hari
dan 30 menit yang akan digunakan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Analisis Sistem Dan Studi Kasus, Surabaya: Brilyan
Internasional.
Lasse, 2014. Manajemen Kepelabuhanan. Jakarta:
PT Raja Grafindo.
Lasse, 2015. Manajemen Bisnis Transportasi Laut.
Jakarta: PT Raja Grafindo.
Mav, F., 2018. Pengaruh Pelabuhan Terhadap
Kelancaran Perdagangan Melalui Laut, Surabaya:
academia.education.
Sugiyono, 2006. Metode Penelitian dan Administrasi. 8 ed. s.l.:Airlangga