Layanan Pandu Bagi Kelancaran Operasional Kapal

Main Article Content

Albertha Lolo Tandung
Muhammad Saleh
Obet Lumalan Bijang

Abstract

Kegiatann  dipelabuhan  meliputi  pelayanan  terhadap  kapal  salah        satunya  yaitu


 


layanan  jasa   untuk   pemanduan   kapal.   Kondisi   ini   merupakan   jasa  pelayanan


 


pemanduan kapal yang menjadi ujung tombak dari PT (Persero) Pelabuhan Indonesia


 


IV makassar yang merupakan kegiatan awal serta akhir dari keseluruhan rangkaian


 


kegiatan pelayanan jasa kepanduan. Penelitian ini ditujukan untuk menguraikan


 


kebutuhan  personel  pemandu  untuk  jumlah  pergerakan  kapal  dan menganalisis


 


kedatangan kapal sampai tahun 2025 dalam mendukung kelancaran operasional


 


pelabuhan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan


 


personel pandu. data dianalisis dengan menggunakan model regresi sederhana. hasil


 


penelitian menunjukkan bahwa pengoperasian pandu membutuhkan 8 orang dengan


 


fasilitas yang memadai, prediksi jumlah personel pandu yang dibutuhkan masih


 


mencukupi hingga tahun 2025 dengan asumsi kapal rata-rata 6 (enam) kapal per hari


 


dan 30 menit yang akan digunakan.

Article Details

How to Cite
Lolo TandungA., SalehM., & BijangO. L. (2020). Layanan Pandu Bagi Kelancaran Operasional Kapal. Hengkara Majaya , 1(1), 33-42. https://doi.org/10.61759/hmj.v1i1.15
Section
Articles

References

Jinca, Y. M., 2011. Transportasi Laut Indonesia

Analisis Sistem Dan Studi Kasus, Surabaya: Brilyan

Internasional.

Lasse, 2014. Manajemen Kepelabuhanan. Jakarta:

PT Raja Grafindo.

Lasse, 2015. Manajemen Bisnis Transportasi Laut.

Jakarta: PT Raja Grafindo.

Mav, F., 2018. Pengaruh Pelabuhan Terhadap

Kelancaran Perdagangan Melalui Laut, Surabaya:

academia.education.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian dan Administrasi. 8 ed. s.l.:Airlangga